Pengertian Basisdata

laodesyamri.net – Basis Data terdiri dari kata BASIS dan DATA. BASIS dapat diartikan sebagai MARKAT atau GUDANG. Sedangkan DATA adalah catatan atas sekumpulan fakta nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, tumbuhan, mobil, motor, peristiwa dan sebagainya yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, simbol, gambar, teks, bunyi atau kombinasinya.

Basis Data atau Database dapat diartikan sebagai berikut :

  • Himpunan kelompok data yang saling terhubung dan diorganisasi sedemikian rupa supaya kelak dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
  • Kumpulan data dalam bentuk file/tabel/arsip yang saling berhubungan dan tersimpan dalam media penyimpanan elektronis, untuk kemudahan dalam pengaturan, pemilahan,  pengelompokan dan pengorganisasian data sesuai tujuan.

Dengan menggunakan ilmu basis data (database) kita dapat menyimpan sebuah informasi, seperti data Mahasiswa, Kepegawaian, Penjualan,Pembelian, Kependudukan, Produk, dll, dalam media penyimpanan elektronis seperti cakram magnetis (disk) melalui perangkat Komputer, dan kemudian data tersebut dapat kita gunakan sesuai keperluan.

Untuk itu Database mempunyai 8 operasi dasar diantaranya adalah Buat Database, Hapus Database, Buat Tabel, Hapus Tabel, Sisispkan record,  Baca, Ubah dan Hapus.

Komentar Anda bermanfaat buat Kami, Tuliskan Komentar Anda disini...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s