pengantar sosiologi

Makalah Pengantar Sosiologi Menurut Soejono Soekanto

laode syamri.net- Makalah Pengantar Sosiologi Menurut Soejono Soekanto,  Terima kasih saya  diucapkan kepada Admin Website/ Blog La Ode Syamri Blog’s yang telah menerima saya sebagai Penulis Kontributor di Blog ini.

Semoga setiap postingan saya dapat bermanfaat kepada khalayak banyak. Postingan saya kali ini berhubungan dengan materi Sosiologi, dalam bentuk makalah Pengantar Sosiologi sebagai contoh makalah untuk Mahasiswa Jurusan Sosiologi di Perguruan Tinggi manapun di seluruh Indonesia.

Berikut Materi Makalah Pengantar Sosiologi dapat diuraikan di bawah:

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam Kamus Sosiologi yang disusun oleh Soerjono Soekanto disebutkan bahwa nilai (value) adalah konsepsi-konsepsi abstrak di dalam diri manusia, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk. Horton dan Hunt (1987) menyatakan bahwa nilai adalah gagasan mengenai apakah suatu pengalaman itu berarti apa tidak berarti. Dalam rumusan lain, nilai merupakan anggapan terhadap sesuatu hal, apakah sesuatu itu pantas atau tidak pantas, penting atau tidak penting, mulia ataukah hina. Sesuatu itu dapat berupa benda, orang, tindakan, pengalaman, dan seterusnya.

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempunyai objek kajian mengenai perilaku sosial yang ada dalam suatu masyarakat. Metode merupakan cara kerja yang digunakan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kegiatan, agar tercapai tujuan yang telah kita tentukan dan harapkan. Perubahan dan perkembangan masyarakat yang mewujudkan segi dinamikanya. Hal ini disebabkan karena masyarakat melakukan hubungan satu dengan lainnya baik individu maupun kelompok.Sebelum suatu hubungan tersebut berbentuk konkrit maka akan dialami proses kea rah bentuk konkrit sesuai dengan nilai-nilai social budaya.

Proses tersebut disebut dengan Proses Sosial. Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila idividu atau kelompok social saling bertemu dan menentukan system serta bentuk-bentuk hubungan tersebut.Apa yang akan terjadi jika ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang telah ada.Proses social merupakan pengaruh timbal balik (interaksi)antara pelbagai segi kehidupan bersama seperti social politik ,ekonomi-hukum. Karena proses social mencakup bidang yang luas maka sosiologi dalam membahas proses social membatasi hanya pada bentuk-bentuk interaksi social.

Bersambung di halaman berikutnya !

Komentar Anda bermanfaat buat Kami, Tuliskan Komentar Anda disini...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s