defenisi atau pengertian manajemen

Contoh Penerapan Ilmu Manajemen dalam Lingkup Rumah Tangga

Ilmu Manajemen daseri sejak dulu sudah diterapkan sejak bertahun-tahun silam. Pada dasarnya dalam kehidupan kita sekarang sudah sering menerapkan ilmu manajemen namun kita terkadang tidak terpikir bahwa yang kita lakukan tersebut adalah bagian dari penerapan ilmu manajemen.

Sebagai contoh misalnya yang berhubungan dengan manajemen kuangan rumah tangga “seorang ibu setelah menerima duit pemberian dari suami untuk kebutuhan rumah tangga mulailah merencanakan penggunaan uang tersebut, menentukan tujuan penggunaanya, berapa yang mesti harus di simpan, berapa yang mesti digunakan untuk belanja rumah tangga, dll.

Uraian di atas merupakan contoh kecil dalam penerapan manajemen keuangan dalam lingkup rumah tangga. Didalam skala besar ilmu dan prinsip-prinsip manajemen diterapkan untuk pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan.

Berikut saya kutip salah satu Definisi atau Pengertian manajemen oleh “Henry Fayol” bahwa “Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

Menurut “Henry Fayol” mendefinisikan bahwa fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.”

Berdasarkan Definisi dan Prinsip-Prinsip ilmu manajemen, ibu rumah tangga berperan sebagai seorang manajer yang mana harus mampu mengelola keuangan rumah tangga dengan baik yaitu dengan merancang atau merencanakan anggaran dan belanja rutin rumah tangga, kemudian mengorganisir kebutuhan rumah tangga, memerintah anak-anak dan mengkoordinasikan kepada owner dalam hal ini suami sebagai Kepala Rumah tangga.

Setelah melakukan hal di atas, seorang ibu rumah tangga selaku manajer dalam lingkup rumah tangga, bertanggung jawab atas keberlangsungan rumah tangga dan seluruh kegiatan dalam hubungannya dengan manajerial semata-mata untuk mencapai tujuan berumah tangga atau berkeluarga, yaitu terbentuknya keluarga yang sejahtera, mandiri, sakinah mawaddah warahmah!

Demikian artikel ini semoga bermanfaat buat rekan-rekan pembaca… ini hanya buah pikirian dari saya saran dan kritik buat kesempurnaan artikel ini sangat saya harapkan utamanya dari para pakar Manajemen ayo… share ilmunya melalui komentar di bawah ini.. thanks!

Bila berkenaan mohon artikel ini dishare ke teman-teman semoga bisa memberikan masukan tentang Ilmu manajemen dan prinsip-prinsip manajemen.

Iklan

Komentar Anda bermanfaat buat Kami, Tuliskan Komentar Anda disini...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s