Tips mengatasi Handphone Android yang Tiba-tiba Lambat atau Ngehang akibat Memory Internal Full

Mengatasi Handphone Android Lambat akibat memory internal terlalu penuh atau full memory akibat aplikasi terlalu banyak yang terintall
Mengatasi Handphone Android Lambat akibat memory internal terlalu penuh atau full memory akibat aplikasi terlalu banyak yang terintall

Laodesyamri.net – Handphone dengan System Android memang sangat rentang dengan buffering file yang berlebihan sebab setiap data atau file yang diload akan menyimpan temporary file dan lama kelamaan akan menggunakan memory penyimpanan internal yang sangat besar dan berakibat pada lambatnya akses pada aplikasi yang kita jalankan di android.

Bertambahnya penggunaan memory internal Handphone android biasanya akibat banyaknya aplikasi yang kita install, sehingga lama-kelamaan semakin banyak aplikasi terinstall dan berakibat memory handphone full space. Ada juga pemilik handphone melakukan uninstall aplikasi atau penghapusan aplikasi yang diinstall namun biasanya tidak akan mengurangi banyak penggunaan memory tersebut.

Bagaimana cara mengatasi agar Handphone Android kesayangan kita menjadi lebih ringan atau cepat aksesnya, dan mengatasi memory yang full spacenya menjadi lebih lowong lagi? coba simak Tips di bawah ini :

  1. Pastikan data-data seperti foto, video, dan lain-lain yang tersimpan di memory Internal handphone anda sudah di backup ke memory eksternal atau di salin ke laptop atau ke penyimpanan lain.
  2. Khusus untuk membackup kontak kita yaitu dengan cara eksport seluruh kontak kita ke memory eksternal atau ke simcard. Hal ini agar bisa kita import ulang saat selesai handphone direset.
  3. Setelah data-data sudah dibackup, sekali lagi simak langkah berikut.
  4. Pada handphone android anda pilih pengaturan.
  5. Pilih menu buat cadangan & setel ulang (untuk handphone Asus) untuk handphone lain seperti samsung cari menu Cadangkan dan Reset.
  6. Setelah menu tersebut di klik maka akan muncul seperti gambar di bawah ini :
  7. reset handphone android ke setingan pabrik agar hanphone tidak lambat atau memory penyimpanan lebih lowong lagi
    Reset handphone android ke settingan pabrik agar handphone tidak lambat atau memory penyimpanan lebih lowong lagi

    Bila Mencadangkan dataku di ceklist artinya data2 yang ada di memory Internal akan dicadangkan di account google kita, pastikan email dan passwordnya masih diingat, bila tidak maka data2 anda akan hilang termasuk aplikasi yang terinstall di dalamnya. Namun tadikan sebelumnya sudah di backup jadi boleh tidak dibackup lagi. Pastikan bila dicentang menu ini paket data internet anda masih ada atau bisa juga menggunakan wifi untuk koneksi internet anda sebab saat backup data akan menggunakan paket data di handphone atau wifi agar sukses upload data ke account google kita.

  8. Pastikan email di bawah Account Cadangan adalah email kita.
  9. Centang juga pemulihan otomatis.
  10. Terakhir klik tombol kembalikan ke setelan pabrik.
  11. Ikutilah langkah-langkah selanjutnya saya pastikan bisa anda lakukan.

Apakah anda masih bingung dengan petunjuk di atas? silahkan anda tuliskan permasalahnya di kotak komentar di bawah. Bila handphone anda hang total tidak bisa masuk pada pengaturan maka anda harus melakukan langkah Hardreset tiga tombol. Pingin tahu caranya? silahkan request tulisannya di komentar di bawah biar saya buatkan lagi artikelnya. Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda semoga tulisan ini dapat membantu permasalahan anda.

2 tanggapan untuk “Tips mengatasi Handphone Android yang Tiba-tiba Lambat atau Ngehang akibat Memory Internal Full”

Komentar Anda bermanfaat buat Kami, Tuliskan Komentar Anda disini...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s