Perbedaan print() dan echo() pada PHP

PHP menyediakan beberapa fungsi string untuk mencetak output ke browser, dua diantaranya yang sering digunakan adalah print() dan echo(). Kedua fungsi string ini sebenarnya bukan fungsi riil, tetapi suatu konstruksi bahasa.

Pada Pemprogrman PHP meskipun secara garis besar print() dan echo() memiliki tujuan sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan esensial yang perlu diperhatikan.

Adapun perbedaan kedua fungsi tersebut dapat dilihat di bawah; Fungsi print() berperilaku seperti fungsi pada umumnya, dan memiliki nilai kembalian (return value) berupa integer 1. Dengan demikian, print() dapat digunakan sebagai bagian dari eksperesi yang lebih kompleks. Sementara echo() mampu menerima lebih dari satu parameter sekaligus, dan tidak memiliki nilai kembalian.

print ‘String 1’;

echo ‘String 1’;

//Menggunakan beberapa parameter

echo ‘String 1’, “String 2”, ‘…’;

Fungsi echo() akan dikesekusi lebih cepat dibandingkan dengan print(). Perbedaan ini disebabkan funsi print() akan mengembalikan status (integer) yang menyatakan apakah proses berhasil dilakukan atau tidak.

Disisi lain, echo() hanya menampilkan output saja dan tidak mengerjakan apa-apa lagi. Adapun dalam implementasinya, status nilai kembalian dari penggunaan fungsi string hampir tidak pernah dilakukan.

Demikian perbedaan echo() dan print() pada PHP semoga bermanfaat… mohon komentarnya ya.. bila ada yang mau ditanyakan….thanks

Komentar Anda bermanfaat buat Kami, Tuliskan Komentar Anda disini...!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s